Kamis, 06 Mei 2010

Bahagia Dengan Kemampuan Otak

Kemampuan Otak dalam kamus didefinisikan adalah “kekuatan otak atau kapasitas otak” definisi lain yang lebih mengenai kemampuan otak manusia yang lebih mengena adalah “Kekuasaan menggunakan kapasitas otak untuk melakukan atau bertindak secara efektif”.

Kekuasaan bukan hanya milik hal-hal yang memiliki potensi, tetapi kemampuan untuk menggunakannya. Kekuatan militer, misalnya, tidak muncul semata-mata dari kepemilikan senjata, tetapi juga orang-orang yang telah dilatih untuk menggunakannya.


Dengan cara yang sama, kecerdasan saja bukan suatu bentuk kepandaian jika tidak ada kemampuan untuk menggunakannya secara efektif. Mungkin kita sering menemukan orang-orang yang cerdas yang bisa bicara tanpa henti tentang hampir semua topik, tapi mengalami kesulitan benar-benar melakukan sesuatu dalam hidup. Anda mungkin mengatakan bahwa orang semacam itu memiliki banyak potensi kemampuan otak, tetapi ada sesuatu yang kurang yaitu ia tidak dapat menerapkan salah satu saja dari ide-idenya tersebut.
Kita kadang-kadang kagum pada kecerdasan, tapi kita lupa bahwa seperti semua yang adapada alat, tidak akan mempunyai nilai jika hanya sekedar potensi atau hanya di dalam dirinya sendiri. Apakah satu miliar rupiah memiliki nilai yang sesungguhnya jika hanya terkubur di dalam tanah? Apakah orang bisa kaya hanya karena ia mempunyai potensi bisnis yang lebih baik? Apakah seorang seniman bisa hebat karena ia bisa belajar untuk menjadi lebih baik daripada yang terbaik? Potensi yang belum direalisasi sama dengan belum terwujud.

Mendefinisikan Kekuatan Otak

Saya akan mengatakan bahwa Einstein, yang juga memiliki IQ tinggi, memiliki banyak kemampuan otak, karena ia menghasilkan banyak hal dengan kecerdasannya. Henry Ford, yang tidak dikenal karena IQ tinggi, juga memiliki banyak kemampuan otak, karena dia sangat efektif menggunakan intelejen yang dimilikinya. Lalu ada jutaan intelektual yang benar-benar memiliki potensi dan mungkin bahkan nilai IQ yang tinggi, tetapi sepertinya tidak pernah menemukan cara untuk membuat sesuatu yang berarti untuk dunia ini atau di kehidupan mereka sendiri. Dengan begitu berarti mereka tidak memiliki kemampuan otak yang nyata.

Jika Anda setuju dengan definisi kepintaran ini, dan anda ingin meningkatkan kemampuan otak anda, Anda harus melakukan beberapa hal.

Pertama, miliki lebih banyak pengetahuan yang dibutuhkan dan belajar teknik-teknik tertentu seperti teknik-teknik pemecahan masalah. Di samping itu ada hal lain yang lebih penting yaitu anda harus bisa menghubungkan kecerdasan mentah anda dan teknik untuk kehidupan nyata.

Dengan kata lain, kemampuan otak anda tidak akan meningkat jika memiliki teknik pemecahan masalah yang baru jika kita tidak pernah berusaha untuk menyelesaikan masalah nyata dengan teknik yang baru kita pelajari itu. Dengan kata lain, semua hal yang kita tahu tentang fisika, biologi atau politik tidak akan berarti banyak jika kita hanya menghabiskan hidup kita untuk mencuci piring atau hal-hal lain yang tidak ada hubungannya dengan pengetahuan kita tadi.

Menariknya, banyak orang yang sangat cerdas tetapi tidak tahu cara meningkatkan kemampuan otak dan tidak bahagia. Mungkin ini diakibatkan oleh kurangnya usaha mereka untuk membuat hal-hal yang mereka ketahui untuk menjadi sesuatu yang dapat mereka terapkan guna mempermudah pemecahan masalah dalam kehidupan nyata mereka.
(dari brainvit.com)
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini