Senin, 01 November 2010

19 Gunung Waspada dan 2 Siaga

Jakarta - 19 Gunung berapi di Indonesia berstatus waspada. Sedangkan 2 gunung lainnya bersatut siaga.

"Ada 19 gunung berapi waspada di Indonesia, termasuk Krakatau. Kemudian ada 2 siaga, Gunung Ibu di Halmahera dan Gunung Karangetang di Maluku Utara," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono.

Hal itu disampaikan dia di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (1/11/2010).

Surono menambahkan aktivitas gunung berapi itu hal yang wajar karena Indonesia mempunyai gunung berapi terbanyak di dunia. Aktivitas gunung itu merupakan aktivitas rutin.

Untuk Gunung Krakatau yang terpantau mengeluarkan abu vulkanik, dia mengatakan, jarak aman pemantauan minimal 2 km. Sedangkan untuk Gunung Merapi jarak aman 10 km.

"Krakatau juga masih meletus tadi pagi. Saya sudah bicara dengan Ibu Atut (Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah-red) karena pemuda dan wisata internasional. Selama nontonnya dari 2 km saja aman kok. Kaya Merapi kalau nongkrong di 10 Km aman-aman saja," kata Surono yang mengenakan kemeja batik lengan panjang ini.

Dia pun mengakui kalau penjaga-penjaga di Pos Pemantau Merapi sudah diperintahkan turun karena berisiko. Apalagi Merapi meletus lagi Senin pagi ini.

"Masa kita harus mati. Kalau kita juga tahu harus 10 km ya kita tariklah," tegas Surono.

Sementara ketika ditanya apakah aktifnya gunung-gunung berapi (selain Merapi), utamanya Gunung Krakatau, itu berhubungan dengan gempa Mentawai, Surono menjawab singkat, "Nggak, kan aktivitas vulkanik paling sekitarnya (Mentawai) itu lah."

Status gunung berapi ada 4 tingkatan, yang paling rendah normal, yang berarti tidak ada aktivitas tekanan magma. Kemudian waspada, ada aktivitas seismik maupun vulkanis. Berikutnya siaga, yaitu, terdapat peningkatan aktivitas ke arah letusan, peningkatan kegiatan seismik yang dapat menimbulkan bencana. Paling tinggi adalah status awas, yang berarti segera atau sedang meletus, mengeluarkan abu dan asap, letusan berpeluang terjadi dalam wakttu 24 jam.



Sumber : detiknews.com